PENINGKATAN KAPASITAS KELEMBAGAAN UPAYA MENGAWAL APBDes TAHUN 2018

MENGAWAL APBDes TAHUN 20018

Salah satu dari Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK adalah pembangunan dari desa, hal ini terlihat dari anggaran dana desa yang cukup besar. Karena itu dana desa berisiko tinggi terhadap terjadinya kasus korupsi, baik dari aparat pemerintah maupun pemaksaan oleh LSM dan media palsu. Proses pengelolaan dana desa harus transparan dengan adanya andil dari masyarakat yang mengontrol perencanaan, aliran dana, dan pengalokasian di semua level dapat membantu menghapus tindak penyelewangan.

Permasalahan yang terjadi terhadap penyelewengan dana desa ini disebabkan berbagai macam faktor, aspek sumber daya manusia, aspek regulasi dan kelembagaan, aspek pengawasan, dan aspek tata laksana.

Dana Desa sendiri diawasi oleh berbagai pemangku kepentingan di bidang penegakan hukum, satgas Kemendes, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Mari bersama-sama mengawal dana desa, untuk mencegah tindak penyelewangan yang dilakukan oleh aktor-aktor yang tidak bertanggunjawab. Masyarakat  memiliki tanggung jawab penuh untuk memastikan bahwa dana desa dialokasikan pada kebutuhan pembangunan desa yang tepat sasaran dan berdaya guna.

Dalam upaya tersebut pemeritah desa Pulosari bersinergi melalui semua kelembagaan melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan dalam rangka belajar bersama membuat Rencana Pengunaan Anggaran (RPA) masing masing lembaga untuk pembuatan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kams 19 April 2018 bertempat di Balai Desa Pulosari hadir dalam acara tersebut Camat Bareng, Tim Kecamatan, Pendamping Desa, Babinkaptimas dan Babinsa.

Kegiatan diawali sambutan Kepala Desa Pulosari (ROKIM) dilanjutkan dengan pembinaan Camat Bareng  (AMINATUR ROKHIYAH SE MKP) dan penyampaian materi peningkatan kapasitas kelembagaan oleh tim Kecamatan dan pendamping desa. Kegiatan ini segaja di agendakan dalam upaya mengawal APBDes 2018 sekaligus Akuntabilitas Publik bagi masyarakat bawasanya Pemeritah Desa Pulosari berusaha memberikan informasi kepada warganya sehinga cita cita Pulosari “MANIS” Segera terwujud.

Contoh Rencana Pengunaan Anggaran (RPA)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan