PROFIL DESA PULOSARI

KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA

PROFIL

DESA PULOSARI

Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur

www.pulosarijombang.web.id www.pulosari.sideka.

Sejarah Desa Pulosari

Pada awal terbentuknya Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, terdapat sebuah legenda tentang kerajaan Majapahit yang pada masa itu dipimpin oleh Raja Brawijaya, dan Desa ini masih dalam bentuk hutan belantara hanya ditempati oleh beberapa penduduk saja. Untuk memenuhi kebutuhan syiar agama, yang pada saat itu memeluk agama hindu. Maka Prabu Boko memerintahkan keponakanya yaitu Joko Lodang untuk medirikan tempat peribadatan yang berupa candi, sekarang dikenal dengan sebutan “Candi Arimbi”. Lokasi Candi Arimbi hanya berjarak beberapa meter saja dari Kantor Desa Pulosari, dan letaknya persis berada di pinggir jalan raya menuju kawasan kecamatan Wonosalam. Konon, keberadaan Candi Arimbi ini tak lepas dari sosok Dewi Arimbi yang merupakan bagian dari keluarga Raja Brawijaya, petilasan Dewi Arimbi dipercaya tidak jauh dari Desa Pulosari, tepatnya berada di Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng, yang merupakan tetangga desa Pulosari.

Dikisahkan bahwa pada masa itu datanglah seorang tokoh Ulama yang bernama Kyai Sari bersama dengan istrinya yang bernama Mayang Sari, sepasang suami istri tersebut membuka hutan (yang selanjutnya dikenal dengan nama Kampung Pulosari) untuk dijadikan sebuah pemukiman, sekaligus membawa ajaran agama Islam. Dalam perkembanganya Kampung Pulosari akan menjadi kampung yang subur, Gemah Ripah Loh Jinawi serta dijadikan sebagai pusat pemerintahan sampai pada masa sekarang, yang selanjutnya disebut dengan Desa Pulosari.

Di sebelah selatan Kampung Pulosari ada juga seorang tokoh Ulama bernama Kyai Nashir, beliau merupakan warga pendatang yang mendirikan sebuah kampung baru dengan sebutan Kampung Pulonasir, kampung ini merupakan bagian dari Kampung Pulosari. Selanjutnya Kampung Pulonasir disebut sebagai Dusun Pulonasir yang merupakan bagian dari Desa Pulosari.

Masih ada satu Kampung lagi yang merupakan bagian dari Kampung Pulosari, yaitu Kampung “Segitik” yang berarti adu pukul. Dinamakan Kampung Segitik (adu pukul) karena pada saat itu tempat ini merupakan tempat untuk adu kesaktian, adu kuat, atau arena untuk adu pukul, maka pantaslah jika tempat ini akhirnya menjadi sebuah perkampungan dengan nama Kampung Segitik. Namun dalam perkembangannya, kampung ini berubah nama menjadi Kampung Sumbermulyo, dan sekarang disebut Dusun Sumbermulyo.

Dari ketiga dusun yang ada di Desa Pulosari, masing-masing menyimpan sejarah panjang yang erat kaitannya dengan nama besar Kerajaan Majapahit, dibuktikan dengan adanya Candi Arimbi beserta legendanya. Selain yang sudah terungkap, kami yakin bahwa Desa Pulosari masih menyimpan banyak sekali potensi yang bisa  untuk digali lebih dalam, baik itu dari sisi sejarah, maupun Sumber Daya Alam yang masih tersembunyi. Keyakinan kami membawa nama besar Kerajaan Majapahit, bahwa Desa Pulosari dipilih oleh Kerajaan Majapahit untuk didirikan sebuah Candi pasti mempunyai alasan- alasan tertentu, dan pasti melalui pertimbangan dan perhitungan yang matang.

Visi Desa

Visi Merupakan pandangan Jauh kedepan,kemana dan bangaimana Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang,harus dibawa dan berkarya agar konsisten ,dapat Eksis,antisipatif,inofatif serta produktif.

Visi Adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan,berisikan cita dan  citra yang ingin diwujudkan,dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai yang luhur yang dianutkan oleh seluruh komponen stakeholders.

Berpihak atas dasar kondisi obyektif serta perkembangan situasi dan tantangan di masa mendatang. Maka visi Desa Pulosari Adalah : MANIS

  • “ MANDIRI,NASIONAL,ISTIMEWA DAN SEJAHTERA “

Penjelasan Visi :

  • Dalam rumususan Visi Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang terdapat kata kunci yang masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut :
  • Mandiri , adalah mampu membangun Desa dengan mengalih potensi yang                        ada di dalam Desa dan mengedepankan nilai
  • Nasional, Adalah menciptakan rasa persatuan dan kesatuan antaar umat beragama dengan hidup berdampingan sesuai dengan koridor adat dan budaya yang
  • Istimewa, Adalah membeikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, dan mengedepankan kepentingan umum daripada yang
  • Sejahtera, Adalah bertekat mensejahterakan rakyat dengan kemampuan yang di miliki Pemerintah Desa yang sesuai visi pemerintah kabupaten Jombang Sejahtera Utuk

MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya – upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi. Misi berfungsi mempersatu gerak,langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan Desa tanpa mengabaikan mandat yang diberikan.

Mewujudkan Pemerintahan yang baik, Mengandung arti penyempurnaan Struktur kelembagaan pemerintahan Desa yang menitikberatkan pada proses penguwatan kelembagaan /Organisasi agar dapat menjalankan fungsi-fungsi yang diamanatkan dalam peraturan Perundang-undangan untuk mewujudkan Pemerintahan Desa yang profesional,efektif,berkopetensi tinggi terhadap tugas pokok dan fungsinya dalam pelayanan Masyarakat Desa.

Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Mengandung arti mengupayakan     partisipasi seluruh Komponen Masyarakat,pemerintah Desa,lembaga Desa dan swasta agar pembangunan di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang berkwalitas tinggi,mempunyai intregrasi dan jatidiri yang dipandu oleh nilai-nilai yang luhur berbudaya dan beragama.

Membangun Struktur Perekonomian uang Kokoh berbasis Keunggulan di bidang Agribisnis, Mengandung arti mengembangkan Desa dengan memperkuat perekonomian Desa yang mengandalkan pada kekuatan sektor pertanian dan Produk Unggulan Desa menuju keunggulan Kompetitif dengan membangun keterkaitan produksi,distribusi dan pelayanan,mengurangi kesenjangan sosial secara menyeluruh,menumbuhkan pada perekonomian kerakyatan serta mengutamakan program program penangulangan kemiskinan.

Mewujutkan Pembangunan yang Berkelanjutan, Mengandung arti pembangunan yang dilaksanakan tidak semata untuk mengejar pertumbuhan,namun bagaimana pertumbuhan yang ada dapat dirasakan secara merata dari hasilnya oleh semua masyarakat dengan tetap mempertimbangkan faktor alam dan limgkungan sekitarnya.

Desa Pulosari merupakan Desa yang terletak ± 8 Km  dari pusat Pemerintahan Kecamatan Bareng Secara administratif batas – batas Desa Pulosari adalah sebagai berikut :

Sebelah Utara:    Desa Ngrimbi Kec. Bareng Sebelah Selatan:   Desa Jenis Gelaran Kec. Bareng Sebelah Barat:    Desa Nglebak Kec. Bareng Sebelah Timur :   Desa Wonosalam Kec. Wonosalam

Desa Pulosari terdiri dari 3 Dusun 8 RW (Rukun Warga) dan 23 RT (Rukun Tetangga). Perincian 1 Dusun tersebut adalah sebagai berikut :

Dusun Sumber mulyo : 6 RT dan 2 RW Dusun Pulosari                            : 9 RT dan 3 RW Dusun Pulonasir             :     8 RT dan 3 RW

Desa Pulosari merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Secara geografis desa ini merupakan daerah dataran  tinggi yang didominasi oleh tanaman tebu.

Luas                       :    585,878 Ha

Persawahan   :    228,374 Ha Tegal/Ladang  :    47,46 Ha Pemukiman :    82 Ha Pekarangan  :    55,934 Ha Perkebunan  :    105,10 Ha Tanah kas desa :  58,16 Ha Fasilitas umum  :    8,85 Ha

Sumber Daya Alam

Luas            :    585,878 Ha

Persawahan :    228,374 Ha Tegal/Ladang:    47,46 Ha Pemukiman:    82 Ha Pekarangan :    55,934 Ha Perkebunan:    105,10 Ha Tanah kas desa:    58,16 Ha Fasilitas umum:    8,85 Ha

  • Terdapat Situs Candi Arimbi
  • Adanya Go’a Ngesong
  • Destinasi Wisata Alam lainnya

Sumber Daya Manusia

  • Kesenian Tradisional Campur Sari dan Kuda Lumping
  • Pengrajin Miniatur
  • UMKM

SUMBER DAYA KELEMBAGAAN / ORGANISASI

BPD                 : 1 Lembaga  FKDM : 1 Lembaga LPMD : 1 Lembaga KPMD  : 1 Lembaga PKK   : 1 Lembaga LINMAS  : 1 Lembaga Karang Taruna  : 1 Lembaga POKJANAL : 1 Lembaga Kelompok Tani  : 3 Kelompok Seni Tradisional: 2 Kelompok Posyandu : 5 Kelompok  POKDARWIS : 1 Kelompok BUMDes  : 5 Unit

Sumber Daya Manusia

  • Kesenian Tradisional Campur Sari dan Kuda Lumping
  • Pengrajin Miniatur
  • UMKM
  • Kirap Budaya

Karnaval Desa kegiatan rutin setiap peringatan Kemerdekaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan