REMBUK PORGRAM JALIN MATRA 2018

Dalam rangka mengentaskan kemiskinan Pemerintah Desa Pulosari telah menjalankan berbagai program yang salah satunya adalah dengan program Jalin Matra dimana untuk pengembangan potensi ekonomi produktif disesuaikan dengan ekonomi spesifik kawasan serta dilakukan secara kompetisi yang sehat dan berbasis potensi lokal yang mengedepankan kreativitas dan kearifan lokal.
Guna mewujudkan pemerataan serta kesejahteraan warga Pulosari, Pemerintah Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang, Jumat (18/5/2018) pukul 09.00 WIB bertempat di pendopo balai desa Pulosari telah dilaksanakan rembug program jalin matra desa Pulosari tahun 2018.
Hadir dalam rembug warga program Jalin Matra ini diantaranya: Aparatur Pemerintahan Desa, BPD, RT, RW, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, BUMDes  Pendamping Desa serta di hadiri oleh Pendamping Kabupaten Jombang Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Pulosari Bapak Rokim menyampaikan himbauan dan pesan kepada para peserta rembug program jalin matra tahun 2018 desa Pulosari serta mengajak warga masyarakat untuk lebih peduli terhadap Saudara atau Tetangga lingkungan masing masing dalam menanggulangi kerentanan Kemiskinan.

Program Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2018 berupa Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) diharapkan dapat memperkuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
“Program Jalin Matra sendiri memiliki 3 kegiatan unggulan, diantaranya, bantuan rumah tangga sangat miskin (RTSM), Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) yang diserahkan langsung kepada bersangkutan, sedangkan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2) diberikan melalui BUMDesa ,”
Terlebih untuk memberikan bantuan kepada Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP), yang diharapkan berkelanjutan dalam rangka untuk mengantisipasi adanya perangkap kemiskinan.
“Melalui Jalin Matra PK2, nantinya akan memperkuat keberadaan kelembagaan baru di pedesaan, yaitu BUMDes.
Karena, Jalin Matra PK2 kedepan dapat menempatkan BUMDes sebagai instrumen pemberdayaan Program Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupa Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) diharapkan dapat memperkuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
“Seluruh Desa yang mendapatkan PK2 sudah memiliki BUMDesa, dan diharapkan sasaran yang menjadi prioritas utama pada KRTP yang memiliki usaha.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan