SUKSES KUNJUNGAN TIM KEMENTERIAN DESA PDT DAN BANK DUNI DI DESA PULOSARI

Kehadiran Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di lingkup Kabupaten. Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten.

Adapun maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

Inilah yang menjadi dasar Monitoring Kegiatan Bursa Inivasi di Kabupaten Jombang tepatnya di Desa Pulosari Kecamatan Bareng sebagai bentuk pembinaan dan tindaklanjut terkait Bursa Inovasi, Desa Pulosari sebagai tujuan Monitoring Oleh Tim Kementerian Desa PDT (Muhamad Fuat), Bang Dunia (F. Leohansen Simatupang, Bahtiar Fitanto, Satiyo Ganggatworo, adji Danya Delita Hakim) Koordinator Provinsi (Korprov) P3MD Jawa Timur, Eko Heru Kuswoyo (TA Madya MIS PID) Bakron Hadi (TA Madya Pengelolaan Pengetahuan PID) , Yusuf PD mengingat dalam Bursa Inovasi Tahun lalu menuangkan karti Ide terkait Pengembangngan Sistem Informasi Desa dan Kartu Komitmen Terkait Pengembnagan Bumdes dan Teknologi Tepat Guna (TTG).

Acara diawali tepat Pulul 13.30 Wib dengan di pandu lamgsung oleh Kabid Pemberdayaan Ekonomi  Masyarakat DPMD Kabupaten Jombang (MUHAMMAD RONI) dilanjutkan Sambutan selamat Datang dari Kepala Desa Pulosari (ROKIM) dan Sambutan Camat Bareng yang di wakili Sekcam Bareng (SUDIRO SETIONO) acara selanjutnya sambutan masksut dan tujuan Tim Kementrian Desa PDT dan Bank Duni yang disampaikan oleh F. Leohansen Simatupang dalam sambutannya ,Menyampaikan sejauh mana penerapan Inovasi desa yang sudah dilaksanakan di Desa Pulosari terkait penerapan Sistem Informasi Desa sebagai sarana pelayanan bagi masyarakat dan Akuntabilitas Publik. Serta Komitmen Kepala Desa dalam kegiatan Bursa Inovasi tahun lalu.

Pemaparan Pelaksanaan Inovasi yang sudah dilaksanakan di Desa Pulosari di sampiak Sekdes melalui tampilan website desa ( http://pulosari-jombang.web.id) di awali gambaran atu potret Desa Pulosari, sarana informasi masyarakat, layanan atministrasi Desa, Layanan Madiri desa dan Akuntabilitas APBDes tahun 2017 serta pengembangan BUMDes.

Dalam tangapannya baik Kementrian Desa PDT dan Bank Duni menyampaikan apresiasi kepad Desa Pulosari yang telah berinovasi dan melaksanakan komitmen di harapkan desa desa di kabupaten Jombang mampu dan bias bersama sama mengembangkan aplikasi SID dalam rangka menjadkan Desa yang mandiri.

Oleh karena itu, Program Inovasi Desa (PID) dimunculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan